Subscribe:

Monday 16 November 2015

Ida Ratu Nini Kidul Sang Penguasa Laut Selatan



Siapa yang tidak mengenal nama Ida Ratu Nini Kidul, atau dalam berbagai bebagai Bahasa Beliau di panggil dengan Nyi Roro Kidul, Bunda Ratu Laut Selatan atau Kanjeng Ratu Kidul. Tapi saya lebih nyaman memanggil Beliau dengan sebutan Ida Ratu Nini Kidul, Ida Ratu Nini Kidul sangat terkenal di pulau Jawa, Bali sampai Batak, Beliau terkenal dengan kesaktian dan daerah kekuasaan Beliau yang konon sangat luas yang meliputi samudra Hindia dengan gelombang lautnya yang sangat ganas. Banyak cerita atau mitos yang berkembang dalam masyarakat Jawa dan Bali
tentang keberadaan Beliau, cerita-cerita tentang Ida Ratu Nini Kidul diceritakan secara turun temurun dari generasi ke generasi sehingga cerita-cerita yang berkaitan tentang Beliau telah mengakar kuat dan mendarah daging dalam pikiran masyarakat Indonesia kususnya masyarakat Jawa dan Bali. Penggambaran dari Ida Ratu Nini Kidul ialah sesosok perempuan cantik dengan rambut panjang terurai, memakai pakaian yang didominasi dengan warna hijau dan memakai mahkota yang menandakan Beliau adalah seorang penguasa.
Banyak versi yang bisa ditemukan jika anda coba iseng-iseng browsing di internet. Diantara versi-versi tersebut adalah:
·         versi Babad Tanah Jawi
yang intinya mengisahkan putri raja Mudingsara, yang bernama putri Ratna Suwinda memutuskan menjadi pertapa dan mendalami spiritual sampai Beliau menyusuri pantai laut selatan kemudian menjadi penguasa disana.
·         Versi rakyat Pejajaran
Intinya mengisahkan penderitaan putri Kadita yang disebabkan oleh irihati oleh ibu tirinya yang berujung pada pengusiran putri Kandita, putri Kandita menjadi pengembara pada akhirnya Beliau sampai di pantai laut selatan, Beliau memandang luas lautan dan tiba-tiba ada sebuah suara gaib yang menyuruh putri Kandita terjun kelaut dan ajaibnya segala penyakit dan penderitaan putri Kandita lenyap serta ia mendapatkan kekuatan spiritual untuk menjadi penguasa laut selatan.
·         Versi Yogyakarta
Nyi Roro Kidul merupakan istri spiritual bagi raja-raja yang memerintah di mataram islam ( kesultanan Yogyakarta dan kesunanan Surakarta)
Tentunya masih banyak versi-versi sebelumnya yang salah satunya menyatakan jika nyi Roro Kidulberasal dari tanah batak. Asal-usul dari Ida Ratu Nini Kidul masih sangat simpang siur tidak ada catatan atau petunjuk secara nyata yang dapat membuktikan asal-usul Beliau, namun jika ditelisik lebih dalam sebenarnya Ida Ratu Nini Kidul dan Nyai Roro Kidul adalah dua sosok yang berbeda, diyakini bahwa Nyai Roro Kidul merupakan pelayan setia dari Ida Ratu Nini Kidul, jika dilihat dari versi asal-usul diatas sangat mungkin jika putri raja yang disebutkan itu adalah Nyi Roro Kidul dan bukan Ida Ratu Nini Kidul. Hal ini diperkuat oleh adanya asumsi dari para spiritualis ataupun paranormal yang menyatakan Ida Ratu Nini Kidul  merupakan roh suci atau dewi alam yang menguasai samudra, sama halnya dengan Dewi Pertiwi atau dewi bumi yang selalu memberikan penghidupan yang layak bagi setiap makhluk hidup yang berpijak diatasnya.
Karena Ida Ratu Nini Kidul merupakan roh suci atau salah satu dewi alam maka kemungkinan umur Beliau sudah sangat tua dan mungkin sudah ada sebelum kerajaan-kerajaan terebut Berjaya di Nusantara. Konon pembantu setia Ida Ratu Nini Kidul, yang bernama Nyai Roro Kidul ini yang kerap “mengambil” satu atau beberapa orang yang memakai atribut berwarna hijau untuk dijadikan pelayan atau prajurit Beliau, oleh karena itu wisatawan yang berlibur di sekitar laut selatan diharapkan tidak memakai pakian dengan dominasi warna hijau.
Ida Ratu Nini Kidul yang merupakan roh suci atau dewi alam, hendaknya kita sebagai manusia dapat menghormati Beliau dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar pantai, muara,sungai ataupun laut. Karena Beliau telah memberikan penghidupan yang sangat layak bagi manusia dengan menyediakan berbagai sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk lainnya, oleh sebab itu selain kita menjaga lingkungan hendaknya kita juga  bersyukur dan menunjukannya dengan suatu ritual yang sarat makna salah satunya ritual Sedekah Laut yang dilakukan di pantai Parangkusuma, Bantul dan pantai Paranggupita Wonogiri pada saat-saat tertentu.
Telah disebutkan diawal bahwa Ida Ratu Nini Kidul merupakan penguasa samudra Hindia/ laut selatan, oleh karena itu banyak tempat yang diperuntukan untuk Beliau antara lain di Hotel Bali Beach di kamar 327 dikususkan untuk Beliau begitu pula di Hotel Samudra Beach dan Hotel Queen Of South. Di Bali sendiri sangat banyak penulis temukan bangunan pelinggih atau pura untuk memuliakan manifrestasi Tuhan dalam wujud Ida Ratu Nini Kidul salah satunya berada pada pura tirtha segara rupek, di pura ini ada sebuah pelinggih atau gedong dengan warna dominasi berwarna hijau dengan dasar berupa ikan raksasa, suasana yang sangat kental dapat dirasakan dipura ini dan konon menurut penuturan dari para spiritialis Ida Ratu Nini Kidul memang memiliki kendaran berupa ikan raksasa dan buaya putih serta memerintah milyaran makhluk halus disekitaran laut selatan, perlu penulis tekankan sekali lagi bahwa Ida Ratu Nini Kidul dan Nyai Roro Kidul merupakan dua sosok yang berbeda. Ida Ratu Nini Kidul merupakan sosok dewi alam yang memberikan anugrah berupa kekayaan hasil laut dan jangan mengatakan Beliau adalah jin ataupun Cuma makhluk alus yang menyesatkan manusia karena pada kenyataanya Beliau sangatlah welas asih.
Demikianlah sedikit ulasan tentang Ida Ratu Nini Kidul Sang Menguasa Laut Selatan, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang budaya leluhur bangsa Indonesia. Share ke teman-teman kalian agar mereka juga cerdas dan mengetahui budaya asli leluhur sebelum diklaim negara lain. Semoga bermanfaat..

1 comments:

Unknown said...

Terimakasih untuk penjelasannya..

Post a Comment