Subscribe:

Wednesday 4 November 2015

Makhluk gaib asli Bali



Siapa yang tak kenal dengan Indonesia negeri dengan ribuan pulau, ratusan Bahasa, suku dan ras? Indonesia mempunyai kekayaan kebudayaan yang melimpah ruah, kekayaan yang membuat mata dunia berdecak kagum melihat kebudayaan Indonesia yang adi luhur.dari ribuan pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke, terdapat satu pulau kecil dengan kekayaan kebudayaan yang khas, pulau itu adalah pulau  Bali. Kali ini saya tidak membahas tentang keindahan pulau Bali tapi saya akan mengulas tentang makhluk-makhluk gaib yang dipercayai keberadaannya oleh masyarakat Bali.

Baik langsung saja makhluk gaib pada urutan pertama…
Celuluk
Celuluk adalah makhluk gaib paling terkenal dan populer di Bali, saya pribadi tidak pernah melihat celuluk secara nyata, tapi biasanya celuluk digambarkan pada suatu pentas calonarang dengan menyerupai tubuh seperti manusia berkepala botak dengan meninggalkan sedikit rambut dibagian belakang kepalanya dengan wajah yang menyeramkan, mata yang melotot dengan taring panjang, perutnya gendut dengan susu yang bergantungan dan setiap kukunya begitu panjang dan menyeramkan.
Tonya
makhluk gaib ini digambarkan sebagi sosok yang menyeramkan dengan rambut acak-acakan, tonya dipercaya menghuni tempat-tempat yang lembab dan gelap seperti jurang, sungai, danau, rawa-rawa dan sebagainya. Terkadang bagi yang pernah melihat tonya, makhluk gaibini dilihat sebagai anak-anak yang asik bermain air, biasanya tonya aktif pada siang hari pada jam 12.00 atau sore sekitar jam 18.00 dimana pada waktu itu adalah waktu dimana dimensi antara sekala (nyata) dan niskala (astral) sangat dekat. Karena tonya menghuni jurang dan sungai jadi jika anda mempunyai rumah dekat jurang atau sungai mungkin tonya juga tinggal serumah dengan anda.
Memedi
Sebenarnya saya merasa kasihan dengan makhluk gaib ini karena memedi selalu dijadikan sebagai bahan untuk menakut-nakuti anak kecil agar tidak keluar rumah pada waktu-waktu sacral yaitu pada jam 12.00 dan jam 18.00. memedi dipercaya suka menyembunyikan anak-anak yang bermain pada waktu-waktu sacral dan biasanya anak-anak yang disembunyikan itu diajak ketempat-tempat yang sangt disukai oleh anak-anak itu. Memedi digambarkan dengan wanita berambut merah cerah dan menempati rumpun pohon bamboo ataupun pohon lebat.
Gregek tunggek
makhluk gaib ini digambarkan layaknya kuntilanak ataupun sundel bolong pada film-film horror buatan Indonesia, gregek tunggek digambarkan sebagai seorang wanita berambut panjang lengkap dengan baju putih yang selalu setia dipakainya, bisa dibilang gregek tunggek adalah kuntilanak versi Bali.
Jaka tunggul
makhluk gaib ini digambarkan sebagai pohon enau yang sangat besar, namun jaka tunggul selalu bergerak jadi tidak tinggal di satu tempat layaknya pohon enau normalnya.
Blerong
Di tahun 2015 ini nama makhluk gaib ini dipopulerkan oleh seorang penyanyi Bali dengan lagunya, sama halnya dengan tuyul, blerong mempunyai tugas untuk mendapatkan kekayaan/pesugihan, blerong digambarkan seperti ular yang dapat dengan mudahnya menyelinap mengambil barang-barang berharga dan setelah mendapat hasilnya blerong akan menggoyangkan tubuhnya dan barang-barang berharga itu keluar dari tubuhnya.
Banaspati
Salah satu makhluk gaib yang paling jarang ditemukan karena banaspati memiliki tugas untuk menjaga tempat-tempat angker, tak jarang banaspati menjadi ancangan (pelayan) Ida Bhatara  yang bertugas menjaga tempat-tempat suci dari gangguan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Banaspati sangat jarang menampakan diri bahkat tidak ada yang tau wujud sebenarnya dari banaspati, ada mengatakan seperti anjing tapi ketika dilihat semakin besar sampai tak terlihat ujungnya.
Lho kok, ngga ada makhluk gaib paling yang terkenal dari pulau Bali yaitu leak? Sebenarnya salah kaprah jika mengatakan leak itu adalah makhluk gaib. Karena sebenarnya leak adalah suatu ilmu kebhatinan yang sangat baik jika digunakan dengan benar, lebih lanjut akan saya posting tentang leak.
Setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing baik itu dari segi dunia nyata ataupun dunia astral, tgas kita adalah untuk menjaga keseimbangan antara kedua dunia tersebut agar tidak terjadi bencana dan penderitaan. Semoga postingan saya bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment